United Farmatic Indonesia

Rahasia Cara Menghilangkan Komedo

Komedo adalah masalah kulit yang umum dialami oleh banyak orang. Komedo tidak terasa sakit dan tidak berbahaya, namun cenderung mengganggu penampilan karena bentuknya yang menonjol dan pori-pori menjadi terlihat lebih besar.

Komedo terbentuk karena adanya sumbatan minyak dan sel kulit mati pada pori-pori, sehingga pori-pori tersumbat dan timbul komedo. Hal ini disebabkan karena beberapa faktor, simak dibawah ini.

Faktor Penyebab Komedo

  • Tidak pernah eksfoliasi
    Kulit dapat mengalami regenerasi dan pengelupasan selama kurang lebih satu bulan, namun sel-sel kulit mati yang terkelupas dapat menyumbat pori-pori jika tidak terangkat dengan sempurna.
  • Pola makan
    Makanan yang mengandung karbohidrat dan gula berlebih meningkatkan produksi insulin. Kadar insulin yang meningkat menyebabkan produksi minyak berlebih pada kulit dan merusak kolagen, sehingga minyak yang terlalu banyak dapat menyumbat pori-pori.
  • Hormon
    Selain dari faktor makanan, minyak berlebih juga dapat ditimbulkan dari hormon yang tidak stabil seperti saat menstruasi, masa kehamilan, dan menyusui.
  • Menggunakan produk perawatan kulit yang tepat
    Pemilihan produk perawatan kulit penting dilakukan. Menggunakan skincare dengan kandungan yang dapat menyumbat pori-pori dapat menimbulkan komedo (comedogenic).

Komedo terbagi atas dua jenis, yakni:

  1. Whitehead
    Whitehead atau komedo tertutup terbentuk karena adanya sumbatan pori-pori namun tidak teroksidasi oleh udara
  2. Blackhead
    Blackhead atau komedo terbuka terbentuk karena adanya sumbatan pada pori-pori yang teroksidasi oleh udara, sehingga sumbatan menjadi berwarna gelap.

Untuk menghilangkan komedo dapat dimulai dengan mengangkat sel kulit mati dan mengurangi produksi sebum/minyak berlebih pada kulit. Dibawah ini rahasia cara menghilangkan komedo.

Cara Menghilangkan Komedo

1. Melakukan eksfoliasi

Eksfoliasi penting dilakukan untuk membantu mengangkat sel kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit, dan menyumbat pori-pori. Eksfoliasi dapat dilakukan dengan scrub dan serum eksfoliasi. Physical exfoliation menggunakan scrub dapat mengangkat sel kulit mati dengan cara menggosokkan scrub pada kulit, namun dengan cara ini kulit beresiko
mengalami iritasi akibat gesekan yang terlalu kuat antara scrub dan kulit. Sedangkan cara kedua dapat dilakukan dengan Chemical exfoliation. Cara ini dapat dilakukan dengan menggunakan serum yang mengandung bahan aktif seperti Alpha Hydroxy Acid (AHA), Beta Hydroxy Acid (BHA) atau Poly Hydroxy Acid (PHA). Dengan kandungan eksfoliasi ini, proses pengelupasan sel kulit mati lebih mudah dan minim iritasi.

2. Mengurangi konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan gula

Dengan mengurangi konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan gula berlebih dapat mencegah kerusakan sel kulit dan mencegah produksi minyak berlebih.

3. Menjaga kebersihan kulit wajah

Kebersihan kulit wajah penting untuk diperhatikan karena sumbatan pada pori juga dapat disebabkan karena masih adanya kotoran yang tertinggal pada kulit. Membersihkan wajah dapat dilakukan dengan mencuci wajah 2 kali sehari, dengan memperhatikan kandungan sabun yang tidak menyebabkan kulit kering. Menjaga kebersihan kulit wajah juga dapat dilakukan dengan rajin keramas dan mengganti sarung bantal yang digunakan, hal ini meminimalisir kotoran dari rambut menempel pada kulit wajah.

4. Melakukan treatment dengan dokter kulit

Untuk komedo yang membandel, dapat dibantu dengan melakukan treatment dokter, seperti Laser CO2, Chemical Peeling, dan mikrodermabrasi.

PT UNITED FARMATIC INDONESIA

PT United Farmatic Indonesia
Jl. Raya Pilang, Pilang, Kec. Wonoayu, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61226

Sertifikat Produk

primaderma bpom, primaderma halal
Reach us on WhatsApp
1